Bagian - Bagian Microsoft Word 2007 Beserta Fungsinya

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Microsoft Word adalah salah satu aplikasi Microsoft Office yang sangat umum digunakan untuk menulis berbagai jenis dokumen, dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft Corp. Digunakan hampir semua lapisan masyarakat di Indonesia mulai dari pelajar, karyawan perkantoran, karyawan teknik, buruh, sampai programmer sekali pun pernah menggunakan Microsoft Office. Sampai saat ini Microsoft Corp. sudah me-release banyak versi, namun yang masih sering digunakan yaitu Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2010, Microsoft Office 2013, Microsoft Office 2016, dan yang terbaru yaitu Microsoft Office 2019.

Kali ini kita akan membahas bagian-bagian dari Microsoft Office 2007 saja, untuk versi-versi setelahnya akan saya buat di postingan lainnya. Berikut bagian-bagiannya

  1. Office Button, Untuk membuka menu-menu yang berkaitan dengan pengolahan file seperti new document, open, save, save as, print, dll.
  2. Quick Access Toolbar, Kumpulan shortcut perintah-perintah yang sering digunakan, misalnya save, open, print, undo, redo, dll. kita bisa mengaturnya sesuai kebutuhan kita dengan cara klik anak panah ke bawah dan ceklis perintah yang sekiranya dibutuhkan yang akan ditampilkan pada quick access toolbar.
  3. Title Bar, Berisi judul dokumen, apabila dokumen belum di save maka secara default judulnya menjadi “Document1, Document2” dan serterusnya.
  4. Tombol Ukuran Jendela, Berguna untuk mengatur ukuran jendela suatu aplikasi, terdiri dari Minimaze, Maximaze, Restore, dan Close.
  5. Tab Menu, tab yang berisi tool dalam pengolahan kata dalam suatu dokumen, seperti home, insert, page layout, reference dan seterusnya. Untuk keterangan rinci tentang bagian-bagian menu akan saya buat di postingan yang lain.
  6. Ribbon, Berisi kumpulan tools dalam suatu tab menu, merupakan bagian terpenting dalam pengolahan kata karena dalam menu ini terdapat fungsi-fungsi khusus yang sangat berguna saat bekerja menggunakan Microsoft Word.
  7. Ruler, Merupakan penggaris yang berguna untuk mengatur tabulasi dan jarak dalam dokumen. Terdiri dari horizontal ruler dan vertical ruler.
  8. Work Page, Merupakan lembar kerja kita saat mengolah kata. Berupa kertas dengan ukuran tertentu.
  9. Scroll Bar, Bagian yang digunakan untuk menggulir (scroll) dokumen, terdiri dari vertical scroll bar dan horizontal scroll bar yang akan muncul ketika halaman di zoom.
  10. View Controls, Tombol yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen, terdiri dari read mode, Print layout, web layout, dll.
  11. Zoom Controls, Tombol yang digunakan untuk membesarkan tampilan dokumen atau mengecilkan tampilan dokumen.
  12. Status Bar, Berisi keterangan dokumen yang kita buat seperti berapa jumlah halaman yang ada, ada berapa kata, menggunakan bahasa apa, dll. 

Demikianlah bagian-bagian Microsoft Word 2007 lengkap, apabila ada sesuatu yang kurang jelas dapat ditanyakan di kolom komentar. Terima kasih telah membaca Saya akhiri

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Comments