Ini Dia, Infrastruktur atau Komponen Komponen Jaringan Berdasarkan Cisco

INFRASTRUKTUR ATAU KOMPONEN JARINGAN

Infrastruktur jaringan berisi tiga kategori komponen jaringan:

  • Perangkat dan Media 
Perangkat dan media adalah elemen fisik, atau perangkat keras pada jaringan. Perangkat keras sering kali merupakan komponen yang terlihat dari platform jaringan seperti laptop, PC, sakelar, router, titik akses nirkabel, atau kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat.

Gambar 1 – Perangkat jaringan 

Gambar 2 – Media jaringan

  • Service atau layanan 
Layanan mencakup banyak aplikasi jaringan umum yang digunakan orang setiap hari, seperti layanan hosting email dan layanan hosting web. Proses menyediakan fungsionalitas yang mengarahkan dan memindahkan pesan melalui jaringan. Prosesnya kurang jelas bagi kami tetapi sangat penting untuk pengoperasian jaringan. 

Gambar 3 - Service atau layanan jaringan

END DEVICE (PERANGKAT AKHIR)

Perangkat jaringan yang dikenal orang disebut perangkat akhir. Perangkat akhir adalah sumber atau tujuan pesan yang dikirim melalui jaringan. Untuk membedakan satu perangkat akhir dari yang lain, setiap perangkat akhir di jaringan diidentifikasi dengan alamat. Ketika perangkat akhir memulai komunikasi, itu menggunakan alamat perangkat tujuan akhir untuk menentukan di mana pesan harus dikirim.

Gambar 4 - Data berasal dari perangkat akhir, mengalir melalui jaringan, dan tiba di perangkat akhir

INTERMEDIARY NETWORK DEVICES (PERANGKAT JARINGAN PERANTARA)

Perangkat perantara menghubungkan perangkat akhir individual ke jaringan dan dapat menghubungkan beberapa jaringan individu untuk membentuk sebuah internetwork. Perangkat perantara ini menyediakan konektivitas dan memastikan bahwa data mengalir di seluruh jaringan.
Perangkat perantara menggunakan alamat perangkat tujuan akhir, bersama dengan informasi tentang interkoneksi jaringan, untuk menentukan jalur yang harus diambil pesan melalui jaringan.

Gambar 5 – Intermediary Device

Perangkat jaringan perantara melakukan beberapa atau semua fungsi ini:
  • Regenerasi dan kirim ulang sinyal data. 
  • Memberi tahu perangkat lain tentang kesalahan dan kegagalan komunikasi. 
  • Melangsungkan data melalui jalur alternatif ketika ada kegagalan tautan. 
  • Klasifikasi dan mengarahkan pesan sesuai dengan prioritas. 
  • Mengizinkan atau menolak aliran data, berdasarkan pada pengaturan keamanan. 

NETWORK MEDIA (MEDIA JARINGAN)

Komunikasi melintasi jaringan dilakukan pada media. Media menyediakan saluran tempat pesan bergerak dari sumber ke tujuan. Jaringan modern terutama menggunakan tiga jenis media untuk menghubungkan perangkat dan untuk menyediakan jalur di mana data dapat ditransmisikan.
  • Kabel logam/tembaga - data dikodekan ke dalam impuls listrik

Gambar 6 – Kabel tembaga 


  • Serat kaca atau plastik (kabel serat optik) - data dikodekan sebagai puls cahaya 

Gambar 7 – Fiber Optic

  • Transmisi nirkabel - data dikodekan menggunakan panjang gelombang dari spektrum elektromagnetik
Gambar 8 - Nirkabel

Berbagai jenis media jaringan memiliki fitur dan manfaat yang berbeda. Tidak semua media jaringan memiliki karakteristik yang sama, juga tidak semua sesuai untuk tujuan yang sama.

REPRESENTASI JARINGAN

Diagram jaringan sering menggunakan simbol, untuk mewakili berbagai perangkat dan koneksi yang membentuk jaringan. Diagram digunakan untuk mempermudah memahami bagaimana perangkat di jaringan besar terhubung. Jenis "gambar" jaringan dikenal sebagai diagram topologi. Kemampuan untuk mengenali representasi logis dari komponen jaringan fisik sangat penting untuk dapat memvisualisasikan organisasi dan operasi jaringan.

Gambar 9 - NIC

Selain representasi ini, terminologi khusus digunakan ketika membahas bagaimana masing-masing perangkat dan media ini terhubung satu sama lain. Istilah penting yang harus diingat adalah:
  • Network Interface Card (NIC), atau adaptor LAN, menyediakan koneksi fisik ke jaringan di PC atau perangkat akhir lainnya. Media yang menghubungkan PC ke perangkat jaringan. 
  • Port Fisik - Sebuah konektor atau outlet pada perangkat jaringan di mana media terhubung ke perangkat akhir atau perangkat jaringan lain. 
  • Interface - Port khusus pada perangkat jaringan yang terhubung ke jaringan individual. Karena router digunakan untuk menghubungkan jaringan, port pada router disebut sebagai Interface jaringan. 

DIAGRAM TOPOLOGI

Diagram topologi wajib dipahami bekerja yang bekerja dengan jaringan. Mereka menyediakan peta visual tentang bagaimana jaringan terhubung. Ada dua jenis diagram topologi:
  • Diagram topologi fisik (Physical Topologi Diagram) - Mengidentifikasi lokasi fisik perangkat perantara dan pemasangan kabel. 

Gambar 10 – Topologi Fisik


  • Diagram topologi logis (Logical Topologi Diagram)- Mengidentifikasi perangkat, port, dan skema pengalamatan. 
Gambar 11 – Topologi logic

Topologi yang ditunjukkan dalam diagram fisik dan logis sesuai untuk tingkat pemahaman Anda.




Sumber :
Cisco Network Academy, CCNA Routing and Switching: Introduction to Networks. https://www.netacad.com/ . Diakses pada 14 Januari 2019

Comments